10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia - Hallo sahabat infomasi berita unik dan pengetahuan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel The Lounge, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia
link : 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Baca juga


10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Assalamu'alaikum. Selamat datang di Thread ane.

Spoiler for Cek Repost:


Spoiler for Alhamdulillah HT kedua:


Spoiler for Mohon untuk dibaca terlebih dahulu:
Sebenernya banyak thread yang berjudul 'Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia' dan semuanya membahas tentang jalur menuju Balai Yasa Pengok,Yogyakarta. Tapi,di thread ini ane bakal ngesharetentang jalur terekstrim yang dilewati normal oleh kereta api baik itu kereta penumpang maupun kereta barang.


Beberapa waktu yang lalu,On The Spot Trans7 sempat membuat info tentang 7 Jalur Kereta Api Terekstrim di Dunia dan ternyata salah satu jalur kereta api di Indonesia masuk di dalamnya. Yaps, 'Argo Gede Railway' begitulah mereka menyebutnya. Jalur yang menghubungkan Jakarta - Bandung ini menurut mereka adalah jalur paling ekstrim di Indonesia,apakah itu benar ? Untuk mengetahuinya mari kita lihat 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia berikut ini.

Quote:Contoh cara membaca gradien :
  • 10 permil (Setiap 1 KM jalur KA naik/turun setinggi 10 Meter)
  • 26,5 permil (Setiap 1 KM jalur KA naik/turun setinggi 26,5 Meter)


Quote: Apa itu rel gerigi ?Pict : Istimewa
Rel gerigi adalah sebuah rel tambahan dengan permukaan atas bergerigi yang ditambahkan di tengah - tengah jalur kereta. Biasanya ditambahkan di jalur yang menanjak atau menurun dengan gradien diatas 50 permil. Fungsinya agar lokomotif kereta dapat melalui tanjakan atau turunan tersebut sehingga kereta api dapat berjalan dengan stabil tanpa khawatir akan tertarik atau terdorong rangkaian akibat jalur yang menanjak atau menurun. Kecepatan yang diizinkan di jalur gerigi biasanya tidak lebih dari 50 KM/Jam


Spoiler for Urutan ke - 10:
Malang - Blitar (10 - 15 permil) Daop 8 SurabayaPict : Rofiq Alichwan
Jalur kereta ini menjadi jalur utama bagi kereta - kereta dari dan menuju Bandung atau Jakarta. Di jalur ini terdapat 2 terowongan kereta,yaitu Eka Bakti Karya dan Dwi Bakti Karya. Kedua terowongan ini dibangun oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1969 bersamaan dengan pembangunan Bendungan Ir.Sutami. Selain itu,di jalur ini juga terdapat Jembatan Lahor yang tentunya sudah sangat terkenal.


Spoiler for Urutan ke - 9:
Prupuk - Purwokerto (10 - 15 permil) Daop 5 PurwokertoPict : Aditya Nurindar PrasetyoSeperti yang kita tahu Kota Purwokerto berada di dataran tinggi kaki Gunung Slamet. Tak heran apabila kereta api yang hendak menuju ke kota ini harus melalui perjalanan mendaki yang lumayan terjal. Jalur kereta yang paling ekstrim di Purwokerto adalah Jalur yang menuju ke utara sampai Stasiun Prupuk (Bukan kerupuk,ya )


Spoiler for Urutan ke - 8:
Lawang - Bangil (15 - 25 permil) Daop 8 SurabayaPict : Reza
Inilah jalur kereta api paling ekstrim di Daerah Operasional 8 Surabaya. Mengapa jalur ini disebut paling ekstrim di Daop 8 ? Karena dari Stasiun Bangil (9 MDPL) menuju Stasiun Lawang (484 MDPL) kereta api harus menanjak setinggi 475 meter dalam jarak 31 Km (buat kereta api ini udah nanjak banget).


Spoiler for Urutan ke - 7:
Purwakarta - Padalarang (16.5 - 25 permil) Daop 2 BandungPict : Ane sendiri
Jengjeng inilah dia Argo Gede railway jalur paling ekstrim versi On The Spot
Jalur ini bisa dibilang sangat istimewa. Mengapa ? Karena di jalur inilah terdapat terowongan kereta api terpanjang yang masih aktif (Sasaksaat - 949 meter) juga jembatan kereta api terpanjang yang masih aktif (Cikubang - 300 meter) dan jembatan kereta api tertinggi di Indonesia (Cisomang - 100+ meter). Jalur kereta ini juga sangat berbahaya karena letaknya yang berada di punggung bukit dan banyaknya lembah yang dilewati. Buat agan atau sista yang mau ke Bandung dari Jakarta dan sekitarnya,ane saranin buat nyobain sensasi jalur ini. Itung - itung ngurangin jumlah mobil yang datang ke Bandung.
Spoiler for Jembatan Cikubang:
Pict : Ane
Spoiler for Terowongan Sasaksaat:
Pict : Andreva Rahmawan



Spoiler for Urutan ke - 6:
Cicalengka - Cipeundeuy - Ciawi (25 permil) Daop 2 BandungSreenshot video Aldie Aiman
Jalur yang menghubungkan Bandung menuju Tasikmalaya ini tidak kalah ekstrimnya dengan jalur menuju Jakarta. Saking ekstrimnya,jalur ini menjadi jalur untuk 'Meng-Ospek' lokomotif baru yang akan berdinas di pulau Jawa. Di jalur ini tidak ada kata istirahat bagi kereta yang sedang melaluinya (kecuali kalo berhenti di stasiun) karena sejak dari Stasiun Ciawi kereta api akan melalui Tanjakan terjal sampai Stasiun Cipeundeuy,kemudian turunan curam akan menghadang dari Stasiun Cipeundeuy sampai Stasiun Cibatu. Kemudian menanjak lagi sampai Stasiun Nagreg (Stasiun tertinggi di Indonesia yang masih aktif) dan akhrinya meluncur di turunan yang tak kalah curam sampai Stasiun Cicalengka. Kebayangkan sensasi ekstrimnya jalur ini ? Dari Tasikmalaya sampai Bandung masinis harus waspada salah sedikit kereta akan terguling dan masuk ke jurang atau menghantam punggung gunung Jika hujan sedang turun dapat dipastikan semua kereta yang lewat akan mengalami selip atau bahkan mogok
Quote:Buat yang penasaran dengan jalurnya bisa lihat video dari Om Bagus Widyanto ini


Spoiler for Urutan ke - 5:
Indarung - Bukit Putus (26,5 permil) Divre 2 SumbarPict : Uda Maulana
Inilah jalur kereta api non gerigi yang paling ekstrim yang masih dilalui kereta sampai saat ini. Setiap hari,jalur ini dilalui oleh Kereta Semen milik PT. Semen Padang yang membawa sekitar 20 gerbong tanker per-rangkaian. Karena saking ekstrimnya,untuk melewati jalur ini Kereta semen isian harus ditarik oleh 2 lokomotif dan di dorong 1 bahkan 2 lokomotif dari belakang. Sementara Kereta semen kosongan biasanya hanya ditarik oleh 1 atau 2 lokomotif.


Spoiler for Urutan ke - 4:
Cipatat - Tagog Apu (40 permil) Daop 2 BandungPict : Istimewa
Jika saja benar tahun 2017 jalur ini kembali diaktifkan,maka jalur inilah yang akan memegang rekor jalur kereta api non gerigi terekstrim di Indonesia mengalahkan Indarung - Bukit Putus. Jalur ekstrim yang menghubungkan 2 stasiun dengan jarak hanya 12 km namun memiliki tanjakan yang sangat terjal. Di jalur ini sering terjadi lokomotif selip bahkan mogok karena tidak kuat menanjak. Maklum,selain terjal,di ujung tanjakannya juga terdapat tikungan yang sangat tajam sehingga masinis kadang bingung antara harus mengurangi throttle atau menambahnya sehingga keputusan yang telat dapat mengakibatkan lokomotif selip atau mogok. Jalur legendaris ini adalah jalur kereta yang pertama kali menghubungkan Jakarta dengan Bandung.


Spoiler for Urutan ke - 3:
Jambu - Bedono (40 - 65 permil) Daop 4 SemarangPict : Istimewa
Mulai dari peringkat 3 kita mulai membahas jalur gerigi. Jalur yang terletak di kawasan wisata Ambarawa ini adalah jalur paling ekstrim di pulau Jawa. Jika agan menaiki KA Wisata Ambarawa dan akan masuk ke jalur gerigi,pasti lokomotif akan dipindah ke belakang untuk mendorong rangkaian kereta. Ini karena untuk menghindari KA mundur kembali saat di tanjakan.


Spoiler for Urutan ke - 2 dan ke - 1:
Kandang Ampat - Padang Panjang (70 permil) dan Padang Panjang - Koto Baru (80 permil) Divre 2 SumbarPict : Bapak Nova Prima
Siapkan sabuk pengaman anda kapten,saatnya kita ber-roller coaster ria
Akhirnya,inilah jalur kereta api paling ekstrim di Indonesia. Jalur yang terdapat di Divisi Regional 2 Sumatra Barat ini membelah kesejukan Lembah Anai Jalur ini sekarang sedang non aktif semenjak gempa Padang tahun 2009 silam. Untuk melibas jalur ini PT. Kereta Api mengoperasikan lokomotif khusus seri BB 204,salah satu lokomotif tercanggih dan termahal di Indonesia (ya iyalah wong bikinan Mercedes Benz ). Pernah ada kejadian dimana ada kereta yang gagal melakukan pengereman sehingga kereta api tersebut keluar rel dan masuk ke jurang Lembah Anai.
Pict : Bapak Nova Prima
Bisa dilihat sendiri bagaimana ekstrimnya jalur ini. Kejayaan jalur ini adalah saat batubara Sumbar masih melimpah. Setiap hari banyak KA Batubara melintasi jalur ini. Ketika stok batubara habis,habis juga riwayat jalur ini. Gerbong batubara yang tidak terpakai banyak dibiarkan begitu saja di stasiun Padang Panjang. Sempat ada harapan saat PT. KA mengoperasikan KA Wisata dijalur ini. Namun sayang,gempa Padang 2009 silam merusak prasarana di jalur ini sehingga berbahaya untuk dilewati.


Itulah 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia. Sayang sekali Jalur Lembah Anai yang merupakan jalur paling ekstrim di Indonesia harus non aktif hingga saat ini. Padahal kehadiran Kereta di jalur ini dapat memancing turis untuk datang dan melihat Lembah Anai dari sudut yang berbeda.

Spoiler for Komen Kaskuser:

Quote:Original Posted By doongdoongan
Yang sering terjadi kecelakaan adalah petak Ciawi - Cirahayu
Terakhir tahun 2014 ketika ka malabar BD-ML tergelincir akibat rel longsor tergerus limpasan air hujan

Quote:Original Posted By fake.mafiaa
Rel duri sampe tanahabang noh ekstrim banyak kang sambit batu

Quote:Original Posted By xcheon
ane dr thn 2009 smpe skrng tiap hari kereta2an gan lintas bdg ccl ng cpd tsm smpe bnjr.. Kbetulan ane kerja d kereta, emang mantep bngt lintas ccl-caw itu, lintas yg menurut ane bikin harus selalu waspada.. Klo ada kaskuser yg jln2 pke kreta lintas itu ktm ane jngn lupa d sapa ya, nama ane suhendar, posisi ane skrng kdr gan,

Quote:Original Posted By deidaraankerz
jalur tanjungkarang-garuntang ekstrim ga kira"? 21 permil sepanjang 2km lebih kalo ga salah

Quote:Original Posted By ekawijaya
Kereta jurusan bukit tinggi - bandara international padang
Akan diaktifkan kembali
Jadi jalur paling ekstrim diindonesia no 1 ini akan segera di aktifkan gan
Sedang dalam penggantian bantalan rel dari kayu ke beton
Sekrang lg proses kerja
Sayang gak semper foto2 nanti kl mampir ke padang panjang lg ane fotoin

Quote:Original Posted By twisctre
Kabarnya jalur loopline jkt bakal dibuat ekstrim nanjak jg, sampe 25 permil gara gara harus berada di tempat tinggi, sekitar 5 meter lebih dari flyover di jakarta. Dari manggarai sampai kampung bandan. Jangan lupa di matraman akan ada tanjakan sekitar 25 permil (cmiiw) buat KRL naik ke lantai atas manggarai.

Tempat di mana kereta suka ketahan sinyal manggarai (st mampang) sekarang rencananya dibikin nanjak tajem karena at least harus setinggi JLNT Casablanca karena memotong jalan rasuna said-sudirman-mas mansyur-tomang-roxy-angke, tapi ga tau jadi apa gak

Selain itu perkiraan ane tanjakan ekstrim ini bakal ada di grogol-duri, palmerah-tanabang, depok (kalo terpaksa jalur bogor dibikin elevated di wilayah jkt - soalnya mau ga mau lewat di atas flyover depok baru, UI, JORR, tol dalam kota st Cawang, tebet, kalibata), atau malah cipinang-jatinegara dibikin elevated jg

Repotnya kelemahan KRL adalah ga bisa nanjak terlalu tajem.

Jangan lupa pwk-pdl gan, banyak jembatan dan tanjakan tajam...

Quote:Original Posted By byuind
Jalur serang-rangkas-jkt jg cukup ekstrem gan ane dulu sering lewat situ pas kuliah banyak tikungannya cukup nanjak jg jalurnya gan..

Quote:Original Posted By tukangnikung
Bantu komen, minggu lalu ane ke Padang pulang kampung, dan jalur Lembah anai ini sedang dirapihkan untuk dipakai kembali, tapi hanya sampai padang panjang, kmrn yang terlihat batu2nya sudah diganti baru, rel2 diganti baru, jembatan di cat ulang dan lampu2 untuk relnya diganti baru. sayang gak ke foto.. semoga ditaro di pejwan CMIIW



Jangan lupa mampir ke thread ane yang lainnya
Lokomotif "Sakti" dan "Misterius" di Indonesia

Sekian pembahasan dari thread ane

Naik Kereta Api Lebih Baik. Lebih Baik Naik Kereta Api

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Spoiler for Sumber:
Obrolan santai bersama Om Agung Wicaksono dan Uda Maulana
Wanjer di domisili ane ada 2
Update diatas
beuhhh ekstrim juga gannn



PERTAMAX BUOZZZZZZZZZZZZZ


Vangke gagal vertamaxx
panjaaaaang bener
Kebanyakan jalur selatan yah gan yang ngeri
Dopost di pageone
Lebih extream kereta api yang gak di jalurnya
belum pernah naek kereta ke jalur entu ane bray
tapi di liat dari foto2nya bner2 extreme tuh jalurnya
Ngeri gan
ane sama sekali belom pernah naik kereta..
wih seru nih mesen tempat dulu
bentar lagi ada kreta cepat dari cina looh jdi gk usah takut lagi
ane blum pernah lwat jalur ntu gaan
Pemandangannya tapi seger ijo2



ngeri ngeri yah jalur keretanya di indonesia
purwakarta padalarng tuh pemandanganya paling bagus menurut ane , walaupun mencekam juga sih
Widih
ngeri jg ya mblo wkwk


Quote:Original Posted By neverwin12
panjaaaaang bener


Kan biar kaya kereta api
Purwakarta tu gan banyak malaikat pencabut nyawa berseliweran mungkin
itulah kenape ane milik kereta api ketimbang naik bis
mata ane jadi anyes gan,,,,
jadi pengen nyoba
Via: Kaskus.co.id


Demikianlah Artikel 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Sekianlah artikel 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia dengan alamat link http://gakbosan.blogspot.com/2016/02/10-jalur-kereta-api-terekstrim-di.html

0 Response to "10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia"

Post a Comment

cari artikel disini